BUSINESS MODEL CANVAS

Share on Social Networks

Share Link

Use permanent link to share in social media

Share with a friend

Please login to send this document by email!

Embed in your website

Select page to start with

Post comment with email address (confirmation of email is required in order to publish comment on website) or please login to post comment

2. 130 STRATEGIC MANAGEMENT I E Price: IDR 5.200.000,- Apa Saja Yang Dibahas • Pengertian dan manfaat dari Business Model • Bagaimana memotret SWOT ( Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats ) dari model yang saat ini dijalankan • Menimbang faktor-faktor penting yang perlu dipenuhi oleh Business Model baru • Menyusun beberapa Prototipe Business Model dengan menggunakan spirit Blue Ocean Strategy • Mendesain Business Model Unggulan Siapa Yang Perlu Ikut • Para Pemimpin dan Manajer Perusahaan, Unit Usaha, atau Organisasi (Swasta, Nir-laba) yang ingin meningkatkan daya saing organisasinya • Pemimpin atau Anggota Lembaga Pengawas dan Pemerintah yang memerlukan wawasan tentang cara beroperasi organisasi di luar lingkungan organisasi mereka • Wirausaha yang ingin membangun bisnis baru • Para Perencana Organisasi yang memerlukan metode untuk merencanakan Business Model yang unggul • Anggota organisasi lainnya yang memerlukan wawasan bisnis yang lebih luas Subjects Covered • Explanation of the Business Model scope and benefi ts • Evaluation of the SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, and Threats) of the existing Business Model • Identifi cation major factors that lead to the successful new Business Model Who Should Attend • Leaders and Managers of businesses as well as non-profi t organizations • Leaders and members of Government Agencies who need to have better understanding on how their stakeholder’s organizations operate. • Entrepreneurs • Organizational Designers from large corporations • Other organizational members searching for broader insights 74 BUSINESS MODEL CANVAS

1. 129 STRATEGIC MANAGEMENT I E Menjawab Masalah Apa Persaingan usaha yang makin ketat dan tuntutan pengguna yang makin tinggi menyebabkan perusahaan perlu selalu memperbaharui Business Model -nya. Sebuah Business Model yang baik menjelaskan dari mana dan bagaimana sebuah organisasi memperoleh uang, apa keunikan yang ditawarkan kepada Customer -nya serta bagaimana organisasi tersebut memenuhi janji kepada Customer - nya. Bahkan, organisasi nirlaba ( non profi t ) pun perlu selalu mencari cara baru dan segar agar penyedia dana (sebagai Customer ) bersedia senantiasa mendanai kegiatan mereka. Men-desain Business Model Unggulan merupakan paspor bagi organisasi yang ingin unggul dan menuju Samudra Biru ( Blue Ocean ), suatu arena yang teduh, jauh meninggalkan pesaing yang bersaing di tepian laut merah yang penuh dengan darah ( Red Ocean ). Pendekatan yang digunakan menitik-beratkan pada pendekatan Business Model Canvas yang menggunakan metode visual yang menarik. Pendekatan baru ini (diperkenalkan di tahun 2010) telah digunakan di lebih dari 450 organisasi unggul di kancah global dan diaplikasikan oleh puluhan organisasi di tanah air yang didampingi oleh PPM-Manajemen. Manfaat Apa Yang Anda Peroleh Setelah selesai mengikuti program ini, peserta diharapkan mampu: • Memahami cara menilai apakah Business Model perusahaan yang ada saat ini berdaya saing tinggi atau tidak • Memahami cara mengembangkan beberapa alternatif Business Model ke depan • Memahami cara mendesain Business Model yang baru Problems To Be Addressed Fierce competition and raising demand from the customers are the main reasons why an organization needs to have a winning business model at all times. A winning business model explains clearly how an organization obtain its revenues, what uniqueness are offered, and how well does the organization fulfi ll its promises to the customers. Even a non-profi t organization should constantly search for new funding to cover their operational expenses. Crafting a winning business model is a passport to the so-called “blue ocean”, a remote place in which competition is irrelevant. This place is far from the “red ocean” which is characterized by bloodshed due to a fi erce competition. Our program uses the Business Model Canvas approach, which emphasizes on a highly informative visual method. This new approach, introduced in 2010, has been used by over 450 organizations globally. In Indonesia, PPM-Manajemen has already assisted many organizations in designing their new business model using a contextualized Business Model Canvas approach. Objectives Having attended this program, the participants are expected to be able to: • Understand how to evaluate the competitiveness of the existing Business Model • Be able to develop alternative Business Models • Be able to select and to design a new Business Model 74 BUSINESS MODEL CANVAS

Views

  • 1039 Total Views
  • 775 Website Views
  • 264 Embeded Views

Actions

  • 0 Social Shares
  • 0 Likes
  • 0 Dislikes
  • 0 Comments

Share count

  • 0 Facebook
  • 0 Twitter
  • 0 LinkedIn
  • 0 Google+

Embeds 2

  • 26 ppm-manajemen.ac.id
  • 37 www.ppm-manajemen.ac.id