Manajemen Sediaan

08/07/2017 00:00 to 09/15/2017 23:59 (Asia/Jakarta)

Jakarta Pusat, Indonesia

Keterangan Berlaku Sampai Harga Jumlah

Harga Early Bird berlaku untuk pendaftaran yang pembayarannya dilakukan sebelum Tanggal berlaku tersebut di atas

 

Menjawab Masalah Apa

Dalam beberapa perusahaan, sediaan memberi kontribusi cukup besar terhadap biaya sehingga perusahaan cenderung untuk menekan jumlahnya. Di lain sisi bagian pemasaran sering mengeluh karena tidak dapat memenuhi permintaan pelanggan akibat sediaan yang sudah habis (stock out). Keseimbangan antara jumlah permintaan dan jumlah sediaan merupakan hal penting dalam mengelola sediaan. Adanya pemahaman dasar tentang manajemen sediaan bagi pengelolanya dapat membantu mereka menjaga keseimbangan tersebut sehingga perusahaan mampu melayani permintaan pelanggan dengan baik sambil menjaga sediaan agar tetap efisien.

Manfaat Apa Yang Anda Peroleh

Manfaat apa yang Anda peroleh Setelah mengikuti modul ini peserta diharapkan memahami :

  • Pentingnya pengelolaan sediaan yang efisien dan efektif sebagai penunjang kegiatan operasional.

  • Teknik mengendalikan sediaan sehingga kegiatan perusahaan tidak terganggu dengan jumlah sediaan yang tetap efisien.

  • Menetapkan besarnya sediaan pengaman sehingga tidak terjadi overstock dan stockout pada sediaan

  • Membuat perencanaan pengadaan sediaan

  • Peran dan fungsi bagian pengadaan dan strategi memilih pemasok

Apa Saja Yang Dibahas


Modul 1: Konsep Manajemen Sediaan dan Cara Mengendalikan Sediaan

 

Sesi 1: Definisi Manajemen Sediaan

  • Pengertian dan fungsi sediaan

  • Sediaan dalam supplychain

  • Waktu pemesanan sediaan

  • Audit catatan sediaan


Sesi 2: Mengendalikan Sediaan

  • EOQ dan Pareto

  • Tujuan pengendalian sediaan

  • Pola kebutuhan sediaan

  • Diagram sediaan

  • Biaya sediaan

  • EOQ: Contoh dan asumsinya

  • Klasifikasi sediaan dengan Pareto



Modul 3: Pengadaan Sediaan

  • Peran fungsi pengadaan

  • Organisasi fungsi pengadaan

  • Metode pengadaan

  • Internalisasi & outsourcing

  • Prosedur pembelian

  • Strategi pemilihan dan evaluasi pemasok

  • Metode pembelian


Modul 2: Sediaan Pengaman dan Membuat MRP


Sesi 1: Mengendalikan Sediaan

  • Safety Stock

  • Penyebab variasi waktu tenggang & laju pemakaian

  • Kerugian stockout dan overstock

  • Reorder point dan sediaan pengaman

  • Metode penghitungan sediaan pengaman

Sesi 2: Material Require Planning (MRP)

  • Pola kebutuhan sediaan

  • Perencanaan kebutuhan material

  • Masukan & struktur sistem MRP

  • Membuat jadwal induk produksi dan catatan sediaan

 



Siapa Yang Perlu Ikut

  • Supervisor dan manajer yang bertanggung jawab dalam perencanaan dan pengendalian sediaan dan logistik di perusahaan

Where

Visualize on Google Maps
PPM Manajemen
Jl. Menteng Raya No. 9-19
    Jakarta Pusat JK 10340
    Indonesia
+62 2123003134868464
+62 21 2302051
daftar@ppm-manajemen.ac.id

When

From 08/07/2017 00:00
To 09/15/2017 23:59

Organizer

PPM Manajemen Div. Online Training
+62 2123003134868464
+62 21 2302051

Social Stream

Participate on Twitter

Find out what people see and say about this event, and join the conversation.

Use this tag: #PPM_Manajemen_Online_Training