The Ways To Reach Your Financial Goals

Personal financial plans which are done comprehensively can increase effectiveness of using financial resources you get.

PPM Manajemen3
Text and image block







Oleh: Christy Dwita Mariana, S.T., M.M., CRMO
          Faculty Member PPM School of Management


*Tulisan ini dimuat di Majalah Sindo Weekly No. 44-45 Tahun V,
p. 80
2-15 Januari 2017



Pernahkah Anda dihadapkan dengan situasi membutuhkan dana untuk kepentingan pribadi? Misalnya, untuk membelirumah, mobil atau membiayai pendidikan. Namun, Anda merasa kesulitan untuk mencapainya. Pasti semua orang akan menjawab, ya. Perencanaan Keuangan Pribadi bisa menjadi salah satu solusinya.

Pada dasarnya, setiap individu ingin memaksimalkan kepuasan yang dia peroleh dari setiap rupiah yang dikeluarkan (Kapoor et al., 2009). Hal ini dapat dicapai melalui pengelolaan keuangan pribadi, yaitu sebuah proses untuk mengelola keuangan Anda dalam rangka mencapai kepuasan ekonomis pribadi.

Rencana keuangan pribadi yang dilakukan secara komprehensif dapat meningkatkan efektivitas pemakaian sumber daya finansial yang Anda peroleh, meningkatkan kendali terhadap dana yang Anda miliki, serta mencapai kebebasan finansial. Itulah saat Anda dapat terbebas dari rasa khawatir akan tidak tercapainya tujuan finansial yang telah Anda tetapkan sejak awal.

Secara garis besar, berikut adalah langkah-langkah yang dapat diterapkan dalam menyusun rencana keuangan pribadi.

Pertama, Anda dapat mengevaluasi kondisi finansial Anda saat Ini.  Rincikan pendapatan, tabungan, investasi dan aset lain yang Anda miliki, serta kondisi utang Anda saat ini. Tujuannya agar Anda dapat memperoleh nilai bersih yang dimiliki saat ini (net worth), yaitu hasil pengurangan aset dengan utang Anda. Kemudian, nilai net worth ini bersama dengan prediksi atas daya pendapatan potensial ke depan akan menjadi salah satu pertimbangan dalam menentukan tujuan finansial Anda.

Kedua, Anda dapat menentukan tujuan finansial yang ingin Anda capai, baik untuk jangka pendek (pencapaian kurang dari satu tahun), jangka menengah (dua hingga lima tahun ke depan) maupun jangka panjang (lebih dari lima tahun ke depan). Pencapaian tujuan finansial jangka menengah dan jangka pendek merupakan basis dari pencapaian jangka panjang. Contohnya, Anda menabung untuk membayar uang muka rumah pada dua  tahun ke depan adalah dasar dari pencapaian tujuan jangka panjang Anda, yakni memiliki rumah pribadi.

Ketiga, dalam mencapai tujuan finansial yang telah ditetapkan sebelumnya, Anda dapat mulai merencanakan alternatif tindakan yang tepat. Contohnya adalah untuk pembayaran uang muka rumah pada dua tahun ke depan, Anda memiliki alternatif untuk meminjam dana atau menabung sesuai dengan potensi pendapatan Anda selama dua tahun berikutnya. Hal-hal yang perlu dipertimbangkan pada tahapan ini adalah konsekuensi yang akan Anda hadapi pada setiap pilihan yang Anda tetapkan, yaitu opportunity cost (biaya peluang) dari pemilihan salah satu alternatif tindakan. Kemudian, Anda pun perlu mempertimbangkan risiko-risiko yang akan Anda hadapi dari setiap tindakan yang Anda tentukan.

Keempat, Anda dapat merencanakan serta mengimplementasikan tindakan finansial yang telah dievaluasi untuk mencapai tujuan finansial Anda. Contohnya, Anda sudah memutuskan untuk menabung bagi pembayaran uang muka rumah dua tahun ke depan. Maka, Anda dapat mengimplementasikan rencana peningkatan pendapatan Anda melalui penambahan jam kerja Anda. Atau, Anda dapat mulai melakukan tindakan investasi dengan tujuan untuk memperoleh dana tambahan.

Kelima, Anda mengkaji ulang rencana keuangan pribadi Anda. Perencanaan keuangan pribadi merupakan proses dinamis yang tidak akan berhenti setelah Anda mencapai salah satu tujuan finansial Anda. Setiap tujuan serta tindakan finansial yang Anda lakukan harus dikaji ulang, minimal setahun sekali, dengan tujuan agar perencanaan keuangan pribadi Anda dapat sejalan dengan kondisi kehidupan Anda.

Perencanaan keuangan pribadi merupakan salah satu metode yang dapat Anda terapkan sebagai upaya untuk mencapai tujuan finansial Anda. Apabila diterapkan dengan benar dan sistematis, niscaya pencapaian tujuan finansial Anda akan lebih mudah serta senantiasa sesuai dengan kondisi finansial Anda.

Berpikir positif, rencanakan, serta capailah tujuan finansial Anda!


Leave a comment

You must be logged in to post a comment.