The Moves Make Online Content to Conquer Customers

The first thing you need to do is stop being your company and start thinking like one of those customers who need your product or service.

PPM Manajemen3
Text and image block



Oleh :  Rahadi Catur Yuwono M.M.Trainer Executive Development Program

*Tulisan ini dimuat di SWA Online

 

Website, hampir selalu menjadi tempat pertama yang dikunjungi orang ketika ingin membeli sesuatu. Calon pelanggan di setiap kategori pasar akan melakukan ‘riset’ kecil-kecilan secara online. Dan ketika mereka menemukan situs Anda, yang terpenting adalah: Apakah Anda sebagai pemasar akan menarik mereka ke dalam proses penjualan atau hanya membiarkan mereka sekadar melihat-lihat saja?

Saat calon pelanggan menggunakan mesin pencari untuk menemukan situs Anda atau terhubung ke situs Anda melalui situs lain atau melalui sebuah kampanye pemasaran berupa iklan online atau kegiatan pemasaran lainnya, tak dipungkiri hal tersebut memang memiliki peluang untuk menyampaikan pesan mengenai produk atau jasa pada waktu yang tepat ketika calon pelanggan mencari apa yang seharusnya pemasar tawarkan.

Namun, para pemasar sering kali tidak menyadari potensi situs Web mereka yang seharusnya dapat merangkul para pembeli sejak awal dan mempertahankannya hingga proses pembelian selesai dilakukan. Sejatinya, para individu tidak akan mengunjungi Web hanya untuk melihat iklan, lalu apa yang sebetulnya mereka cari? Tidak lain dan tidak bukan, sejatinya mereka tengah mencari konten.

Content Marketing Kunci Sukses Website

Ketika seseorang mengunjungi sebuah situs untuk pertama kalinya, pertanyaan yang sering muncul adalah: “Apakah organisasi ini peduli pada pelanggan?; Apakah perusahaan ini berfokus pada masalah-masalah yang pelanggan hadapi?; Atau situs ini hanya memuat informasi yang menjelaskan apa yang harus ditawarkan perusahaan tersebut dari perspektif yang sempit?”

Dengan kemajuan teknologi seperti saat ini, aturan-aturan dalam ilmu komunikasi pemasaran telah mengalami banyak perubahan dimana saat ini pemasaran lebih dari sekadar beriklan, pemasar harus mampu mendorong publik memasuki proses pembelian melalui konten online yang bagus, bermanfaat dan efektif atau yang lebih dikenal dengan sebutan Content Marketing.

Strategi konten online yang efektif dan di eksekusi dengan baik akan mendorong timbulnya action dari pengunjung suatu situs. Organisasi yang menggunakan konten online yang baik menyatakan tujuannya secara jelas seperti untuk menjual produk, menghasilkan lead, atau mendapatkan pendaftar baru dan menggunakan strategi konten yang berkontribusi secara langsung dalam meraih tujuan tersebut.

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah berhenti sejenak menjadi perusahaan Anda dan mulailah berpikir seperti salah satu pelanggan yang membutuhkan produk atau jasa Anda. Buatlah konten yang akan menjadi solusi bagi permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh calon pembeli.

Bayangkan Anda seorang pemasar di sebuah pabrik ban mobil. Daripada hanya menjual ban, Anda sebaiknya menulis sebuah e-book atau membuat sebuah video mengenai cara berkendara yang aman di jalan licin dan berlubang. Kemudian, publikasikanlah di situs Anda dan juga kirimkan kepada perusahaan lain seperti komunitas mobil atau sekolah mengemudi. Atau bayangkan Anda tengah menjalankan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang katering dan memiliki sebuah blog atau situs Web. Anda sebaiknya membuat konten online di beberapa halaman Web atau podcast di situs Anda. Topiknya bisa berupa “Rencanakan Resepsi Pernikahan yang Sempurna” atau tips membuat “Makan Malam Romantis”

Perusahaan penjual ban dan katering yang menampilkan konten semacam ini bertujuan untuk mengedukasi para pengunjungnya mengenai permasalahan mereka, tapi tidak secara langsung menawarkan jasa kateringnya. Sebaliknya, dari sisi para pengunjung yang mempelajari sesuatu dari informasi yang diberikan oleh perusahaan katering ini akan cenderung untuk menggunakan jasa perusahaan katering tersebut saat diperlukan, karena mereka merasa telah diberikan sesuatu yang bermanfaat tanpa menitikberatkan suatu merek produk ataupun jasa tertentu.

Saat Anda membangun Content Marketing pada Website yang bertujuan untuk mencapai tujuan organisasi Anda ingatlah, bahwa pendekatan yang sukses adalah bagaimana pemasar mampu memahami masalah pelanggan dan mencerminkan karakteristik, hasrat dan dedikasi untuk membantu sesama. Layaknya sebuah program televisi atau film layar lebar berkualitas, adalah kombinasi yang efektif dari konten dan cara penyampaiannya.



Leave a comment

You must be logged in to post a comment.